Pelatihan Kedua, Mahasiswa FIKES UMUS Belajar tentang Teknis dan Penanganan Pasien Pasca Vaksinasi COVID-19

Berita Kampus – Pelatihan calon tim vaksinasi COVID-19 dari Universitas Muhadi Setiabudi dilaksanakan dua hari yaitu pada Kamis dan Jumat, 22-23 Juli 2021. Hari terakhir pelatihan ini dihadiri oleh mahasiswa D3 Farmasi, Ilmu Gizi, dan diikuti pula oleh mahasiswa teknik informatika. Jumlah peserta pelatihan ini mencapai 60 mahasiswa yang bertempat di lantai dua gedung SETDA kota Tegal.

Mahasiswa FIKES setelah mengikuti pelatihan calon tim vaksinasi COVID-19.

Pada pelatihan hari kedua ini, peserta diberikan materi tentang berbagai macam penanganan dan tindakan pasca vaksinasi COVID-19. Materi pertama disampaikan oleh dr. Dwi Anik, Sp. A tentang Kejadian Ikutan pasca imunisasi. Kemudian untuk materi kedua adalah tentang teknis penyuntikan vaksinasi COVID-19 oleh dr. Tety Yudiati.

Pada beberapa kasus, kadang timbul beberapa gejala setelah vaksinasi dilakukan. Untuk itu, peserta dibekali materi penanganan pertama pada kegawatdaruratan pasien pasca vaksinasi COVID-19 yang disampaikan oleh dr. Kemala Gautama. Untuk materi penutup, dr. Tri Santo, SP. An dan tim menyampaikan materi tentang teknis observasi pada pasien pasca vaksinasi COVID-19.

Penyampaian materi pada pelatihan calon tim vaksinasi COVID-19

“Dengan pelatihan selama dua hari ini, saya berharap peserta dapat menyerap semua ilmu yang didapat, sehingga dapat diterapkan dengan baik pada saat pelaksanaan rangkaian kegiatan vaksinasi di kota Tegal.’ jelas Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UMUS, Ibu Hanari Fajarini, S.Farm., M.H., Apt. “Diharapkan juga dengan adanya rekan-rekan mahasiswa, tenaga kesehatan dapat terbantu pada kegiatan vaksinasi COVID-19 di kota Tegal, sehingga percepatan vaksinasi dapat tercapai.”, tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.