Fakultas Ilmu Kesehatan Menginisiasi Pendirian Saka Bhakti Husada di Lingkungan Universitas Muhadi Setiabudi

Pramuka adalah suatu organisasi atau wadah kepanduan yang ada di Indonesia. Kepanjangan pramuka adalah praja muda karana yang artinya rakyat muda yang suka berkarya. Kepanduan di dunia internasional dikenal dengan istilah Boy Scout. Seragam kepanduan di setiap negara pun berbeda beda, begitu pula di Indonesia. Gerakan pramuka ini didirikan oleh Hamengkubuwono IX pada tahun 1961.

Di dalam pramuka terdapat beberapa organisasi pendukung yang digunakan untuk mengembangkan bakat dan menjalankan fungsi tertentu. Salah satunya adalah Saka. Saka adalah kepanjangan dari satuan karya pramuka. Terdapat 11 Saka yang ada di Indonesia, salah satu diantaranya adalah Saka Bakti Husada. Jenis saka ini menjadi wadah untuk pendidikan dan keterampilan di bidang kesehatan. Setelah bergabung dengan jenis saka ini diharapkan anggota pramuka dapat membaktikan diri kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

Fakultas ilmu kesehatan (FIKES), Universitas Muhadi Setiabudi merupakan fakultas yang terdiri atas dua program studi di bidang kesehatan. Oleh karena itu, FIKES dengan Ibu apt. Hanari Fajarini, S.Farm., M.H. selaku Dekan menginisiasi terbentuknya Saka Bakti Husada di lingkungan Universitas Muhadi Setiabudi. Pada hari Jumat (16 Desember 2021), telah diadakan pertemuan pertama di gedung Fakultas Ilmu Kesehatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa.

“Pembentukan Saka Bakti Husada ini sangat bermanfaat ke depannya karena dapat melatih Soft skill dan Hard skill mahasiswa FIKES nanti dalam menghadapi dunia kerja ataupun dalam bermasyarakat sebagai seorang tenaga kesehatan.” Jelas Ibu Hanari, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.