Kolaborasi Mahasiswa dan Dosen S1 Gizi UMUS dalam Pencegahan Stunting di Banjarharjo Brebes

Stunting adalah kondisi dimana balita gagal tumbuh disebabkan tubuh mengalami kekurangan gizi kronis sehingga menyebabkan anak terlalu pendek untuk seusianya. Kasus stunting di kabupaten Brebes menurut data tahun 2018 mencapai 28 %. Persentase ini jauh di atas target pemerintah yaitu kurang dari 14 %. Untuk itu, pemerintah daerah Brebes berusaha untuk menurunkan kasus stunting dengan pembentukan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS).

Sebagai universitas yang berada di kabupaten Brebes, Universitas Muhadi Setiabudi turut serta dalam upaya penurunan kasus stunting ini. Salah satu upaya pencegahan stunting di kabupaten Brebes, mahasiswa program KKN (Kuliah Kerja Nyata) dan dosen S1 Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhadi Setiabudi mengadakan penyuluhan yang bertema tentang stunting. Acara ini diselenggarakan pada hari Kamis, 1 September 2022 di Balai Desa Banjarharjo, Kec. Banjarharjo, Kab. Brebes. Penyuluhan ini diikuti oleh Ibu-ibu dan calon Ibu yang ada di desa Banjarharjo.

Para peserta terlihat antusias dengan penjelasan dari Ibu Iken Rahma Mahesty, S.Gz., M.Gz sebagai pembicara pada acara yang diselenggarakan mahasiswa KKN tahun 2022 ini. Banyak dari para peserta yang mengaku baru mengetahui tentang stunting ini. Ibu-ibu peserta mengaku sangat senang dengan diadakannya penyuluhan ini karena mereka dapat mengetahui bagaimana cara pencegahan stunting yaitu dengan perilaku hidup bersih dan sehat di Rumah tangga. Kepala desa Banjarharjo berterima kasih dan berharap ke depannya kegiatan seperti ini dapat terus berkesinambungan agar warga setempat dapat teredukasi dalam permasalahan stunting dan permasalahan menyangkut gizi masyarakat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.