Hari Kesehatan Nasional: Himpunan Mahasiswa Gizi UMUS Adakan Seminar Kesehatan Bertema Stunting di Kelurahan Keboledan Wanasari Brebes

Hari Kesehatan Nasional jatuh setiap tanggal 12 November. Tahun 2023, 12 November adalah hari kesehatan nasional yang ke-59. Angka stunting di Indonesia masih relatif tinggi. Walaupun sudah dilakukan program untuk mengatasi dan mencegah stunting yang dilakukan oleh pemerintah, tetapi sosialisasi tentang stunting dan kontrolnya harus tetap dilakukan.

Universitas Muhadi Setiabudi sebagai perguruan tinggi yang mana Tridharma perguruan tinggi adalah kewajiban bagi dosen-dosennya, ingin turut dalam program pencegahan ataupun penanggulangan stunting di wilayah Brebes. Diketahui bahwa angka kasus stunting di Brebes adalah tertinggi sejawa tengah. Program-program yang berkaitan dengan stunting ini dilakukan Fakultas Ilmu Kesehatan melalui pengabdian kepada masyarakat ataupun penelitian.

Pada hari Kamis, 24 November 2023, Himpunan Mahasiswa Gizi (HIMAGI) FIKES UMUS menggelar seminar dengan judul “Inisiasi Pencegahan Stunting”. Seminar ini diadakan di kantor kelurahan desa Keboledan, Kec. Wanasari, Kab. Brebes. Kader-kader posyandu didampingi Ibu Lurah Keboledan menghadiri kegiatan seminar ini. Para kader yang hadir sangat aktif dalam mengikuti seminar ini. Penyampaian materi dilakukan oleh dosen Gizi, Ibu Anggray Duvita Wahyani, M.Gizi dan dilanjutkan paparan materi oleh Ibu Rifatul Masrikhiyah, S.TP., M.Gizi. Pada sesi ketiga, dilakukan demo memasak MPASI yaitu nugget dari ikan kuniran yang dipandu oleh ibu Diah Ratnasari, S.Pd., M.Gizi. Terakhir, Ibu Yuniarti Dewi Rahmawati, M.Eng melakukan demo cara mengidentifikasi kandungan formalin dan boraks pada jajanan anak SD. Selain itu, mahasiswa turut ikut serta menggelar bazar makanan sehat yang dapat dikunjungi oleh warga sekitar.

Semoga kegiatan ini terus dapat dilakukan agar ilmu-ilmu dari dosen FIKES UMUS dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Selain itu, kegiatan seperti ini dapat menjalik kedekatan antara kampus dan masyarakat sekitar. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *