Mahasiswa Farmasi, Ilmu Gizi, dan Teknik Informatika UMUS Ikuti Pelatihan Persiapan Calon Tim Vaksinasi Covid-19 di SETDA Kota Tegal

Berita Kampus – Percepatan vaksinasi COVID-19 akan segera dilaksanakan di kota Tegal mengingat melonjaknya kasus COVID-19 baru-baru ini. Pemkot Tegal bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi termasuk UMUS untuk membentuk tim pelaksanaan vaksinasi bersama para nakes. Untuk itu, sebelum terjun dalam kegiatan vaksinasi ini, para mahasiswa UMUS mengikuti pelatihan calon tim vaksinasi.

Mahasiswa D3 Farmasi, Ilmu Gizi, dan Teknik Informatika UMUS mengikuti pelatihan hari pertama yaitu pada hari ini Kamis, 22 Juli 2021 bertempat di SETDA kota Tegal. Pelatihan dilakukan selama dua hari yaitu pada tanggal 22 Juli sampai dengan 23 Juli 2021 mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai. Sebelum mengikuti pelatihan, mahasiswa diharuskan melakukan vaksinasi bagi yang belum, dan bagi yang sudah vaksin dapat menunjukkan sertifikat atau kartu vaksinasi, tanda sudah dilakukannya vaksinasi. Selain itu, para mahasiswa juga diwajibkan untuk melakukan swab antigen agar menghindari adanya penularan virus COVID-19.

Pada pelatihan hari pertama ini, setelah dilakukan vaksinasi dan swab antigen untuk peserta pelatihan, materi-materi pelatihan disampaikan oleh beberapa narasumber dari tim dokter, panitia, dan tim BPJS. Dokter Sri Primawati Indraswari, Sp.KK, MM, MH, selaku Kepala Dinas Kesehatan kota Tegal menyampaikan tentang kebijakan vaksinasi COVID-19 di kota Tegal. Materi tentang vaksinasi disampaikan oleh dr. Said Baraba, dan penjelasan tentang teknis pelaksanaan dijelaskan oleh Ibu Laela Riza Adam, S.Kep, Ns. Selain itu dari tim BPJS menjelaskan tentang aplikasi Pcare vaksin.

Pihak UMUS berharap para mahasiswa dapat menyerap dan mempraktekkan ilmu-ilmu yang didapat selama pelatihan sehingga dapat menjadi tim vaksinasi yang handal pada saat program vaksinasi nanti. Semoga pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di kota Tegal dapat berjalan dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.